13 Mei 2014

Cara Mudah Instal Yii2 via Composer

Yii2 merupakan versi terbaru dari Yii Framework. Yii2 merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya yakni Yii 1.1. Yii2 merupakan PHP Framework modern dengan membawa best practices dari sisi pengembangan web development modern. Yii2 menggunakan fitur-fitur terbaru mulai dari PHP versi 5.4 oleh karena itu versi PHP minimal yang diperlukan untuk instalasi Yii2 adalah versi 5.4 (lebih baru lebih baik).

Sebelum Anda menggunakan Yii2 sebagai framework pengembangan aplikasi web, Anda dapat menginstalnya dengan dua cara yakni:

1. Install via Composer.
2. Install via download file arsip Yii2.

Dalam artikel ini dijelaskan secara singkat dan sederhana proses instalasi via Composer. Composer adalah Dependency Manager untuk aplikasi yang dibangun melalui PHP. Melalui Composer ini kebutuhan paket library atau extension untuk aplikasi PHP yang Anda bangun dapat terpenuhi dengan mudah.

Cara instalasi via Composer lebih direkomendasikan karena kemudahan dalam proses instalasi dan yang lebih penting lagi adalah kemudahan proses update Yii2 dan instalasi extensions berikut dependensinya dengan menggunakan sebuah perintah sederhana.

Sebelum melangkah lebih lanjut, pastikan Anda telah menginstal PHP versi 5.4 ke atas berikut webserver Apache atau Nginx dan tersedia koneksi internet karena instalasi Yii2 via Composer membutuhkan koneksi internet.

Berikut langkah-langkah instalasi Yii2 via Composer:

1. Install Composer
Jika Anda belum memiliki aplikasi Composer, silakan install dengan cara memberikan perintah berikut pada terminal shell Linux:
curl -s http://getcomposer.org/installer | php
Setelah itu agar aplikasi Composer dapat dijalankan via terminal secara global (bisa dari path mana saja), pindahkan dan rename file Composer (composer.phar) ke lokasi /usr/local/bin kemudian buat agar file tersebut dapat dieksekusi, yakni dengan memberikan perintah chmod pada file tersebut. Berikut perintahnya:
sudo mv composer.phar /usr/local/bin/composer
sudo chmod 777 /usr/local/bin/composer

2. Install Yii2
Setelah aplikasi Composer diinstal berdasarkan langkah 1 di atas, saatnya untuk instalasi aplikasi web berbasis Yii2. Instalasi ini akan menginstall semua paket yang diperlukan beserta dependensinya. Selain itu proses instalasi berikut akan membuat template aplikasi dasar (basic application template). Ketikan perintah berikut:
composer create-project --prefer-dist --stability=dev yiisoft/yii2-app-basic htdocs/latihan-yii2
Bagian perintah di atas yang perlu Anda perhatikan adalah bagian terakhir. Di atas tertulis htdocs/latihan-yii2 artinya Composer akan menginstall Yii2 di dalam folder htdocs/latihan-yii2 dimana folder htdocs berada di dalam folder user account Linux Anda. Jika lokasi webroot aplikasi web Anda misalnya berada di /var/www maka ganti bagian perintah htdocs/latihan-yii2 menjadi /var/www/latihan-yii2.

Selanjutnya Anda bisa mencoba apakah hasil instalasi Yii2 ini berjalan dengan mengetikan perintah berikut pada web browser:
http://localhost/latihan-yii2/web/
Berikut ini contoh tampilan bila proses instalasi Yii2 ini berhasil:


Yii2 Basic Application Template


Demikian penjelasan saya mengenai instalasi Yii2 via Composer, semoga bermanfaat bagi kita semua.

(©) 2014 husnanw.blogspot.com

4 komentar:

  1. Boleh kasih tau, pake webserver apa ya? Apache atau Nginx atau apa?
    Saya masih newbie di Linux.
    Apache+MySQL+Php sdh berhasil, bikin Yii2 nya lom bisa klo di linux.
    Mkasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pakai webserver Apache.
      Sebelum instalasi pastikan telah terhubung dengan internet kemudian untuk versi Yii 2.0 RC ke atas ketikan perintah berikut di terminal linux:
      composer global require "fxp/composer-asset-plugin:1.0.0-beta4"
      Setelah itu tinggal ikuti langkah seperti di atas.

      Hapus
  2. gan ane masih baru bgt kenal yii..gimana cara upload yii pada Cpanel hostinger.kalau bisa tolong donk di upload juga video tutorial " cara upload yii ke hosting" krn masih bnyk yg gak tau cara nya termasuk sy.percuma buat web kalo cuma di localhost aja.

    Thanks gan bwt support nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. install yii2 di localhost menggunakan composer kemudian sesuaikan (modif/coding) dengan aplikasi yang Anda buat. setelah itu tinggal upload semuanya ke server. Pastikan hanya folder web yang sifatnya publik. Hal itu bisa diatur lewat file .htaccess atau config globalnya apache.

      Hapus