19 Maret 2014

Install NetBeans 8 di Sistem Operasi Ubuntu/Debian Linux

Programmer Java pastinya tidak asing dengan nama NetBeans. Ya sebuah powerful IDE (Integrated Development Environment) untuk berbagai bahasa pemrograman khususnya Java ini telah memasuki versi 8.0 (stable). NetBeans 8.0 memiliki berbagai fitur unggulan untuk bahasa pemrograman Java dan berbagai bahasa pemrograman dan teknologi lain yang di-support. Anda bisa lihat selengkapnya di sini.

Saya akan menjelaskan secara ringkas instalasi dan sedikit konfigurasi NetBeans 8.0 di sistem operasi Ubuntu/Debian Linux. Sebelumnya silakan download gratis file NetBeans IDE versi 8.0 di sini. Ada beberapa pilihan paket download NetBeans 8.0 ini. Anda bisa pilih salah satunya dan sesuaikan dengan kebutuhan. Pastikan platform NetBeans IDE-nya adalah Linux(x86/x64) pada menu di sebelah kanan atas halaman downloadnya.

Sebelum menginstall NetBeans IDE versi 8.0 (untuk versi Full/All) versi JDK yang perlu Anda miliki adalah JDK versi 7 update 10 (atau setelahnya) atau JDK versi 8. Untuk instalasi JDK terbaru (saat artikel ini ditulis) yakni JDK 8 Anda bisa lihat di artikel Install Oracle JDK 8 di Ubuntu/Debian Linux.
  1. Install NetBeans IDE versi 8.0
    Setelah file NetBeans Anda download (misalnya nama filenya: netbeans-8.0-linux.sh ), lakukan langkah berikut untuk membuat file tersebut dapat dijalankan sebagai aplikasi installer.
    sudo chmod 777 netbeans-8.0-linux.sh
    
    Selanjutnya lakukan perintah berikut untuk mengeksekusi proses instalasinya
    ./netbeans-8.0-linux.sh
    
    Disarankan Anda tidak mengeksekusi perintah di atas sebagai root karena Anda harus login sebagai root jika ingin menyimpan file atau membuat project-nya. Kemudian setelah itu proses instalasi akan dengan sendirinya memeriksa kelengkapan syarat instalasi seperti ada tidaknya JDK/JRE berikut versi dan path instalasinya. Proses instalasi ini dijalankan menggunakan antarmuka GUI (Graphical User Interface) sehingga mempermudah proses instalasinya. Anda tinggal klik beberapa tombol dan memilih opsi yang disediakan.
  2. Konfigurasi NetBeans IDE versi 8.0 (Opsional)
    Langkah ini bersifat opsional. Konfigurasi yang dimaksud adalah untuk merubah tampilan GUI dari NetBeans agar terlihat futuristik menggunakan Look and Feel dari Nimbus. Caranya Anda perlu membuka file netbeans.conf yang terletak pada path: /home/username/netbeans-8.0/etc/netbeans.conf kemudian tambahkan atribut string:
    --laf com.sun.java.swing.plaf.nimbus.NimbusLookAndFeel pada pengaturan netbeans_default_options. Selengkapnya lihat potongan pengaturannya berikut:
    netbeans_default_options="-J-client -J-Xss2m -J-Xms32m -J-XX:PermSize=32m 
    -J-Dapple.laf.useScreenMenuBar=true -J-Dapple.awt.graphics.UseQuartz=true 
    -J-Dsun.java2d.noddraw=true -J-Dsun.java2d.dpiaware=true 
    -J-Dsun.zip.disableMemoryMapping=true 
    --laf com.sun.java.swing.plaf.nimbus.NimbusLookAndFeel"
    


Proses instalasinya sederhana bukan? Selamat mencoba...

(©) 2014 husnanw.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar