19 Maret 2014

Install Oracle JDK 8 di Ubuntu/Debian Linux

Jenis JDK (Java Development Kit) di sistem operasi Linux misalnya pada distro Ubuntu atau Debian terdapat dua macam jenis yakni Oracle's JDK dan OpenJDK yang dikelola oleh komunitas open source. Selain itu berdasarkan arsitektur komputernya dibedakan menjadi JDK versi 32-bit dan 64-bit.

Artikel ini akan membahas secara ringkas instalasi Oracle JDK 8 versi 64-bit di Ubuntu/Debian Linux. Untuk JDK 8 versi 32-bit prinsip instalasinya sama saja.

JDK 8 (pada saat artikel ini ditulis) merupakan JDK versi terbaru yang mengusung fitur unggulan yakni lambda expression dan beberapa fitur lain yang Anda bisa lihat secara lengkap di sini. Sebelumnya Anda perlu mengunduh file JDK 8 terlebih dahulu dari alamat web ini.
  1. Ekstrak File
    Hasil download file Oracle JDK 8 untuk sistem Ubuntu/Debian Linux adalah jenis file tar.gz, untuk itu Anda perlu melakukan ekstraksi filenya (misal nama filenya: jdk-8-linux-x64.tar.gz) dengan cara menuliskan script bash berikut pada terminal Linux dan pastikan path terminal Anda telah berada di folder dimana file JDK 8 berada.
    sudo tar -xvf jdk-8-linux-x64.tar.gz 
    
  2. Memindah folder JDK 8
    Folder JDK 8 hasil ekstrak (misal nama folder-nya: jdk.1.8.0) perlu dipindahkan ke path /usr/lib/jvm agar semua user dapat menggunakan JVM (Java Virtual Machine) pada JDK tersebut (pada JDK terdapat JRE sebagai runtime environment bagi aplikasi Java). Bila belum ada folder jvm-nya maka Anda perlu membuatnya terlebih dahulu dengan script bash:
    sudo mkdir -p /usr/lib/jvm 
    
    Setelah itu lakukan pemindahan folder JDK 8 (jdk1.8.0) ke path /usr/lib/jvm dengan perintah:
    sudo mv jdk1.8.0 /usr/lib/jvm 
    
  3. Mendaftarkan path instalasi ke sistem
    Path JDK 8 yang baru dipindahkan perlu "didaftarkan" atau istilah teknisnya membuat symbolic link agar operasi sistem Ubuntu/Debian Linux Anda mengenalnya. Ketikan perintah berikut:
    sudo update-alternatives --install "/usr/bin/java" "java" "/usr/lib/jvm/jdk1.8.0/bin/java" 1
    sudo update-alternatives --install "/usr/bin/javac" "javac" "/usr/lib/jvm/jdk1.8.0/bin/javac" 1
    sudo update-alternatives --install "/usr/bin/javaws" "javaws" "/usr/lib/jvm/jdk1.8.0/bin/javaws" 1 
    
  4. Merubah default JVM yang dipakai (opsional)
    Langkah berikut digunakan jika sebelumnya Anda telah menginstal Oracle JDK atau OpenJDK versi sebelumnya. Jika di sistem operasi Ubuntu/Debian Linux Anda memiliki beberapa JDK (misal versi JDK 7 dan dan JDK 8), maka Anda perlu memberitahu JDK mana yang ingin dijadikan default JDK. Untuk itu Anda perlu mengetikan perintah berikut:
    sudo update-alternatives --config "java"
    sudo update-alternatives --config "javac"
    sudo update-alternatives --config "javaws"
    
    Lakukan eksekusi perintah di atas satu-persatu. Setelah Anda menekan tombol Enter maka Anda diberi opsi pemilihan JDK mana yang akan dipakai dengan memasukan nomor seleksinya. Pilihlah versi JDK 8 yang baru Anda install tadi dengan cara mengetikan nomor seleksinya (misal 1, 2, atau 3). Lakukan untuk konfigurasi "java", "javac", dan "javaws".
  5. Memeriksa versi JDK/JRE yang dipakai
    Langkah ini untuk memastikan versi Java yang dipakai. Untuk itu ketikan perintah berikut:
    java -version
    javac -version 
    
    Lakukan eksekusi perintah di atas satu-persatu. Jika tidak ada masalah pada saat instalasi dan konfigurasi maka hasil keluaran di atas akan menunjukan versi compiler dan runtime Java 8 yang baru Anda install, misal keluarannya adalah:
    javac 1.8.0
       
    java version "1.8.0"
    Java(TM) SE Runtime Environment (build 1.8.0-b132)
    Java HotSpot(TM) 64-Bit Server VM (build 25.0-b70, mixed mode)
    

Sekarang Anda dapat menggunakan fitur-fitur terbaru yang ditawarkan oleh Java 8 termasuk lambda expression dan JavaFX. Selamat mencoba semoga artikel ini bermanfaat.

(©) 2014 husnanw.blogspot.com

2 komentar:

  1. makasih artikel nya, jadi tahu cara instal java terbaru secara manual di linux.

    BalasHapus
  2. terimakasih artikelnya sangat membantu :-)

    BalasHapus